Senin, 03 Desember 2012

BAB IV PEMBAHASAN


BAB IV
PEMBAHASAN



4.1. Data Penelitian 

Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini suatu kinerja dan prestasi karyawan. Objek yang menjadi sampel adalah 100 orang karyawan  dari keseluruhan populasi yang diperoleh penulis dengan menggunakan Kuisioner. 


4.2. Hasil Penelitian dan Analisa Pembahasan 

Data atau variabel yang digunakan berupa data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada karyawan, yang bekrja di suatu perusahaan. Kuisioner tersebut dibagi kedalam lima dimensi yaitu: 

1.      Penerangan/cahaya di tempat kerja
2.      Temperatur/suhu udara di tempat kerja
3.      .Kelembaban di tempat kerja
4.      Sirkulasi udara di tempat kerja
5.      Kebisingan di tempat kerja

Adapun proses penilaian, pengumpulan, dan perhitungan data dari pembagian angket (kuesioner) dilakukan dengan cara sebagai berikut : 

1.      Pengambilan sampel. Pengambilan dilakukan dengan cara sample random sampling (sampel acak sederhana) sebanyak 100 responden pada para karyawan .
2.      Kriteria penilaian tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas merk produk dan loyalitas konsumen, peneliti menggunakan data kuantitatif dengan bobot sebagai berikut: 





Tabel 4.1
Kriteria Penilaian Tingkat Kinerja karyawan

Keterangan
Bobot
Sangat Setuju
5
Setuju
4
Netral
3
Tidak Setuju
2
Sangat Tidak Setuju
1



4.1.1. Hasil Penelitian Responden

Hasil penelitian responden ini didasarkan pada jawaban responden sebagai pertanyaan kuesioner yang dibagikan : 





Diagram jalur di atas dapat diterangkan sebagai berikut:
A.    Ada 2 variabel laten, yaitu prestasi pegawai dan kinerja pegawai.
B.     Variabel laten prestasi pegawai mempunyai 3 indikator / variabel yang dapat diobservasi secara langsung, yaitu: motivasi, kedisiplinan dan kreativitas. Sedang variabel laten kinerja pegawai mempunyai 5 indikator, yaitu gaji, jenjang karier, jumlah jam kerja, insentif dan gaya kepemimpinan.
C.     Ada 8 kesalahan pengukuran, yaitu err1 sampai dengan err8
D.    Ada 1 kesalahan residual, yaitu res1
E.     Diasumsikan variabel prestasi mempengaruhi variabel kinerja.
F.      Model hubungan ini disebut recursive atau searah.
G.    Terdapat dua model yaitu: model pengukuran dan model structural
H.    Model pengukuran mencerminkan hubungan antara variabel laten  “prestasi pegawai” dengan indikator-indikator “motivasi”, “disiplin”, dan “kreativitas” dan variabel laten “kinerja pegawai” dengan indikator-indikator “gaji”, “karier”, “jam”, “insentif” dan “gaya kepemimpinan”.
I.        Model struktural mencerminkan hubungan antara variabel laten  “prestasi pegawai” dengan variabel laten “kinerja pegawai”.


 

4.1.2 Rangkuman Hasil Penelitian 

Ukuran sampel yang ideal untuk SEM sebaiknya  antara 200  - 400. Jika menginginkan hasilnya semakin tepat, maka sebaiknya lebih besar dari 400 dengan  10-15 variable yang diobservasi dan dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Untuk tingkat kesalahan  1% diperlukan data sekitar 3200.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar