BAB
IV
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
4.1. Data
Penelitian
Objek penelitian
dalam penulisan ilmiah ini suatu kinerja dan prestasi karyawan. Objek yang
menjadi sampel adalah 100 orang karyawan dari keseluruhan populasi yang
diperoleh penulis dengan menggunakan Kuisioner.
4.2. Hasil Penelitian
dan Analisa Pembahasan
Data atau variabel yang digunakan berupa data primer dengan menyebarkan kuisioner kepada karyawan, yang bekrja di suatu perusahaan. Kuisioner tersebut dibagi kedalam lima dimensi yaitu:
1.
Penerangan/cahaya di tempat kerja
2.
Temperatur/suhu udara di tempat kerja
3.
.Kelembaban di tempat kerja
4.
Sirkulasi udara di tempat kerja
5.
Kebisingan di tempat kerja
Adapun proses
penilaian, pengumpulan, dan perhitungan data dari pembagian angket (kuesioner)
dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.
Pengambilan sampel. Pengambilan dilakukan dengan cara
sample random sampling (sampel acak sederhana) sebanyak 100 responden pada para
karyawan .
2.
Kriteria penilaian tingkat kepuasan konsumen terhadap
kualitas merk produk dan loyalitas konsumen, peneliti menggunakan data
kuantitatif dengan bobot sebagai berikut:
Tabel
4.1
Kriteria
Penilaian Tingkat Kinerja karyawan
Keterangan
|
Bobot
|
Sangat Setuju
|
5
|
Setuju
|
4
|
Netral
|
3
|
Tidak Setuju
|
2
|
Sangat Tidak Setuju
|
1
|
4.1.1. Hasil Penelitian
Responden
Hasil penelitian
responden ini didasarkan pada jawaban responden sebagai pertanyaan kuesioner
yang dibagikan :
Diagram
jalur di atas dapat diterangkan sebagai berikut:
A.
Ada 2 variabel laten, yaitu prestasi pegawai dan kinerja
pegawai.
B.
Variabel laten prestasi pegawai mempunyai 3 indikator /
variabel yang dapat diobservasi secara langsung, yaitu: motivasi, kedisiplinan
dan kreativitas. Sedang variabel laten kinerja pegawai mempunyai 5 indikator,
yaitu gaji, jenjang karier, jumlah jam kerja, insentif dan gaya kepemimpinan.
C.
Ada 8 kesalahan pengukuran, yaitu err1 sampai dengan err8
D.
Ada 1 kesalahan residual, yaitu res1
E.
Diasumsikan variabel prestasi mempengaruhi variabel kinerja.
F.
Model hubungan ini disebut recursive atau searah.
G.
Terdapat dua model yaitu: model pengukuran dan model structural
H.
Model pengukuran mencerminkan hubungan antara variabel
laten “prestasi pegawai” dengan indikator-indikator “motivasi”,
“disiplin”, dan “kreativitas” dan variabel laten “kinerja pegawai” dengan
indikator-indikator “gaji”, “karier”, “jam”, “insentif” dan “gaya
kepemimpinan”.
I.
Model struktural mencerminkan hubungan antara variabel
laten “prestasi pegawai” dengan variabel laten “kinerja
pegawai”.
4.1.2 Rangkuman
Hasil Penelitian
Ukuran sampel yang ideal untuk SEM sebaiknya antara 200 - 400. Jika menginginkan hasilnya semakin tepat, maka sebaiknya lebih besar dari 400 dengan 10-15 variable yang diobservasi dan dengan tingkat kesalahan sebesar 5%. Untuk tingkat kesalahan 1% diperlukan data sekitar 3200.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar