BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1 Kerangka
Teori
Penulis akan
mengemukakan berbagai pemahaman dengan teori-teori yang berhubungan dengan
penulisan ilmiah ini.
2.1.1 Definisi
kinerja karyawan
Pengertian kinerja
karyawan sendiri yaitu sesuatu yang mempengaruhi seberapa banyak para karyawan
memberikan konstribusi dari segi kuantitas dan kualitas output dari pekerjaan
yang mereka lakukan, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan output,
kehadiran karyawan dan lain sebagainya.
Kinerja karyawan
diartikan sebagai gabungan dari kemampuan, usaha dan kesempatan yang dapat
diukiur dari akibat yang dihasilkan. Dapat disimpulkan bahwa kinerja karyawan
merupakan hasil kerja yang telah dan akan dilakukan oleh seseorang.
2.1.2 Faktor-faktor
kinerja karyawan
1.
Kemampuan
mereka,
2.
Motivasi,
3.
Dukungan
yang diterima,
4.
Keberadaan
pekerjaan yang mereka lakukan, dan
5.
Hubungan
mereka dengan organisasi
2.2 Penelitian
Terdahulu
Di lakukannya
penelitian faktor – faktor yang mempengaruhi perusahaan terhadapa kinerja karyawan.
§ Kinerja
menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2000 : 67)
“Kinerja
( prestasi kerja ) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang
dicapai oleh seseorang pegawai dalam
melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”.
§ Kemudian
menurut Ambar Teguh Sulistiyani (2003 : 223)
“Kinerja
seseorang merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha dan kesempatan yang dapat
dinilai dari hasil kerjanya”. Maluyu S.P. Hasibuan (2001:34) mengemukakan
“kinerja (prestasi kerja) adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam
melaksanakan tugas tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas
kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu”.
§ Menurut
John Whitmore (1997 : 104)
“Kinerja
adalah pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seseorang,kinerja adalah
suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu pameran umum ketrampikan”.
§ Menurut
Barry Cushway (2002 : 1998)
“Kinerja
adalah menilai bagaimana seseorang telah bekerja dibandingkan dengan target
yang telah ditentukan”.
§ Menurut
Veizal Rivai ( 2004 : 309) mengemukakan kinerja adalah :
“
merupakan perilaku yang nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi
kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai
dengan perannya dalam perusahaan”.
§ Menurut
Robert L. Mathis dan John H. Jackson Terjamahaan Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira
(2001 : 78), “menyatakan bahwa kinerja pada dasarnya adalah apa yang
dilakukan atau tidak dilakukan karyawan”.
§ Menurut
John Witmore dalam Coaching for Perfomance (1997 : 104) “kinerja adalah
pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seorang atau suatu perbuatan,
suatu prestasi, suatu pameran umum keterampilan”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar